Contoh Jabatan Pada Struktur Organisasi yang Wajib Anda Ketahui

Contoh Jabatan Pada Struktur Organisasi yang Wajib Anda Ketahui

Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki struktur organisasi yang memiliki manfaat menguraikan tugas, menjelaskan kedudukan anggota, memberikan informasi tanggungjawab dan wewenang, serta masih banyak manfaat lain. Pada sebuah perusahaan bonafit, struktur organisasi wajib terpampang jelas agar memudahkan komunikasi antar anggota. Struktur organisasi Mayora memiliki contoh jabatan yang mengepalai bidang masing-masing.

4 jenis jabatan penting dalam perusahaan 

Setiap perusahaan memiliki struktur yang berbeda tergantung dari jenis industri, skala perusahaan dan kebutuhan perusahaan tersebut. Berikut ada 4 jenis jabatan penting yang ada di perusahaan yang harus Anda pahami yaitu :

1. Direksi

Jajaran direksi merupakan jabatan paling tinggi yang bertugas untuk mengambil keputusan dan bertanggungjawab pada hasil keputusan tersebut. Arah kesuksesan perusahaan berada di tangan orang-orang yang memegang level paling tinggi ini.

2. Manajer

Berada di level pemimpin divisi, manajer memiliki fungsi mengarahkan tim, membuat kebijakan, mengawasi, dan mengembangkan potensi karyawan dalam divisi tersebut. Dalam struktur organisasi Mayora, ada banyak manajer di setiap divisi seperti manajer HRD, manajer produksi, manajer keuangan, manajer pemasaran, dan lain-lain.

3. Kepala divisi

Memiliki tugas sebagai pimpinan divisi yang membawahi para karyawan dalam divisi tersebut sehingga bertanggung jawab mengenai hasil kinerja anak buah.

4. Bagian administrasi dan gudang

Merupakan bagian yang bertugas mengurus keuangan perusahaan di bidang pencatatan pemasukan dan pengeluaran serta hal-hal yang berkaitan dengan outsourcing.

Setidaknya jabatan penting di atas merupakan struktur organisasi yang vital guna menentukan kemajuan perusahaan. Secara detail menyeluruh, ada bagian atau staf yang memegang pekerjaan di divisi masing-masing. Semakin besar sebuah perusahaan di level nasional dan internasional, maka jabatan dalam struktur organisasi lebih spesifik. UKM kebawah pun wajib memiliki struktur organisasi yang lebih sederhana.

Struktur organisasi Mayora yang jelas dan spesifik merupakan sistem yang memiliki peran berbeda yang saling berkesinambungan. Laporan perusahaan diberikan kepada pemimpin tertinggi untuk menentukan kebijakan yang memberikan kemajuan perusahaan lebih baik. Karyawan yang kompeten dan memiliki keahlian sesuai bidang sangat dibutuhkan dalam menentukan struktur organisasi demi kepentingan perusahaan dalam mencapai tujuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Langkah Mudah dalam Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor
Previous Post Langkah Mudah dalam Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor
Dalil Dalil tentang Puasa Ramadhan didalam Nash
Next Post Dalil Dalil tentang Puasa Ramadhan didalam Nash