Di era teknologi saat ini, peluang untuk mendapatkan pelanggan dari berbagai saluran komunikasi terbuka lebar. Namun, mengelola beberapa saluran sekaligus sangat merepotkan. Oleh karena itu, marak berkembang contoh omnichannel Indonesia yang hadir sebagai solusi untuk membantu mengintegrasikan semua saluran ke dalam satu platform.
Dengan menggunakan perangkat lunak omnichannel, Anda dapat menghubungkan berbagai saluran bisnis dan menyinkronkan semua data pelanggan dengan benar. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan interaksi yang mulus dengan pelanggan Anda.
Apa Itu Omnichannel?
Omnichannel adalah integrasi dan kolaborasi antara berbagai saluran yang digunakan perusahaan saat berinteraksi dengan konsumen. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman yang konsisten saat berinteraksi dengan sebuah merek.
Integrasi tersebut mencakup toko fisik dan saluran online. Oleh karena itu, strategi tersebut diharapkan dapat menciptakan perjalanan konsumen yang nyaman dan sederhana yang memenuhi harapan konsumen.
Strategi pemasaran ini memberi konsumen ruang untuk berbelanja online, di outlet, atau bahkan membeli produk secara online dan mengambilnya di toko fisik. Dengan kata lain, strategi omnichannel adalah integrasi branding, pesan pemasaran, dan titik transaksi online dan offline untuk memberikan konsumen pengalaman yang sangat berarti saat berinteraksi dengan bisnis Anda.
6 Rekomendasi Contoh omnichannel Indonesia untuk Bisnis
1. OCE Indonesia
OCA Indonesia merupakan salah satu inkubator bisnis PT Telkom Indonesia yang meraih tiga besar inovasi inspiratif di PT Telkom Indonesia Awards Ceremony.
OCA Indonesia memiliki layanan komunikasi omni-channel berbasis website yang dilengkapi dengan sistem CRM (Customer Relationship Management) yang dapat meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan, OCA Indonesia memiliki tiga produk unggulan yaitu OCA Blast, OCA Profiling dan OCA Interaction.
2. SAP Hybris
SAP Hybris adalah contoh omnichannel indonesia berikutnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda melalui pendekatan MDA (Model Driven Architecture). Perangkat lunak ini dirancang untuk menyederhanakan integrasi data antara sistem SAP Hybris dan sistem penyimpanan data eksternal lainnya.
Perangkat lunak omnichannel SAP Hybris memfasilitasi analisis penjualan, pasar, produk, dan saluran yang dapat diakses di ponsel cerdas, laptop, dan desktop.
3. Smooch
Software omnichannel Smooch memungkinkan bisnis untuk menyatukan informasi pelanggan di beberapa saluran menjadi satu percakapan. Dengan menyederhanakan komunikasi mereka, pelanggan dapat membangun pengalaman obrolan interaktif di mana saja. Aplikasi omnichannel ini didukung oleh penggunaan kecerdasan buatan (AI), chatbots, dan layanan pesan interaktif.
4. CommBox
CommBox adalah perangkat lunak omnichannel yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Ribuan perusahaan telah meningkatkan pengalaman pelanggan secara signifikan berkat teknologi Al ChatBots dari CommBox. Aplikasi omnichannel ini juga terintegrasi dengan berbagai saluran komunikasi seperti SMS, WhatsApp, Messenger dan platform media sosial lainnya.
5. Mekari Qontak
Mekari Qontak adalah salah satu contoh omnichannel indonesia untuk bisnis yang dapat mendorong pertumbuhan perkembangan bisnis dan usaha Anda. Omnichannel Mekari Qontak dirancang untuk meningkatkan layanan pelanggan.
Software omnichannel Mekari Qontak juga memudahkan untuk mengukur produktivitas, menutup percakapan, meningkatkan produktivitas, menyelesaikan transaksi lebih cepat, dan banyak lagi.
6. BigCommerce
BigCommerce menyediakan perangkat lunak omnichannel canggih yang dirancang untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mendorong lebih banyak penjualan. Dengan menggunakan perangkat lunak omnichannel BigCommerce, Anda dapat menciptakan pengalaman yang mulus dan mengonversi lebih banyak pelanggan.